Kamis, 27 April 2017

Ridwan Firmansyah

JUJUR ITU BIASA AJA!



Siapa sih yg gak tau jargon kampanye anti korupsi sekarang? Ya, semua pasti tahu, dan sudah tak asing lagi.
"Berani jujur itu hebat"
Tapi nih ya, menurut gua, kalimat itu justru berkesan kalo lo jujur berarti lo orang hebat. Padahal, perilaku jujur itu biasa aja.
Gua serius.
Bukan berarti jargon itu salah ya, gua cuma mau ngasih persepsi dari sudut pandang yang berbeda.

Jujur itu BIASA aja.

Loh bukannya slogan tadi bersifat membangkitkan semangat biar jujur?

Ok, hear me out.
Pertama, slogan itu bilang secara gamblang kalo jujur adalah sifat yang positif dan perlu diapresiasi. Kedua, secara implisit menunjukkan bahwa pujian terhadap sifat jujur berarti menunjukkan bahwa kondisi masyarakat yang sudah tidak jujur lagi. Ketika kita menganggap bahwa sifat jujur adalah sesuatu yang “hebat”, maka sebaliknya, kita selama ini menganggap bahwa sifat “tidak jujur” adalah sesuatu yang biasa. “Berani Jujur Hebat” menunjukkan bahwa jujur itu sesuatu yang luar biasa, padahal seharusnya sifat tidak jujur lah yang dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Apakah kondisi masyarakat kita sudah seperti itu? Apakah kejujuran sudah bukan barang yang biasa lagi?

Lo tau ga, Lo itu terlahir jujur. Semua manusia lahir dengan sifat jujur. Wong otaknya udah didesain sama Tuhan buat jujur kok.

Ga percaya?

Ketika seseorang memutuskan untuk berbohong, maka saat itu dia sedang melawan naluri dan hatinya sendiri. Butuh upaya yang kuat bagi seseorang untuk berbohong dan bagi orang yang jujur tidak akan membutuhkan usaha apapun. Oleh karena itu, orang bohong akan selalu deg-degan, pucat, dan tidak tenang. Wajar, karena mereka sedang bertarung dengan nalurinya sendiri. Secara alamiah mereka lebih banyak mengeluarkan tenaga ketika berkata bohong daripada berbicara jujur.

Gua, lo, semua yg baca ini semua bisa berperilaku jujur.



Trus, kalo kita jujur efeknya apa?
Banyak bos. Kejujuran itu salah satu prinsip anti korupsi. Ibarat kalo lo mau nanem pohon anti korupsi, jujur itu akarnya. Kalo lo udah jujur, korupsi itu jauh. Jujur ga cuma dalam perkataan lho ya, jujur itu luas  mulai dari pikiran, perkataan, perbuatan, juga perasaan. ehehe
Perilaku jujur berujung kepada integritas. Integritas berujung pada moral compass yang dipegang teguh dan dijunjung tinggi. Thats it, lo udah resmi jadi duta anti korupsi dengan berperilaku jujur.

Kalo lo jujur dan transparan, lo ga perlu khawatir dengan apa yang lo katakan kepada siapa. Lo ga perlu khawatir menyimpan rahasia. Lo ga  perlu khawatir terjebak dalam kebohongan. Lo ga perlu khawatir tentang integritas atau reputasi lo.  Jujur itu gampang, kalo boong itu baru susah. Mari kita biasakan untuk selalu berbuat jujur, karena jujur itu adalah bagian dari naluri kita, kebiasaan kita dan niat kita.

Kenapa kita harus jujur? Karena Jujur itu, biasa saja.

*Artikel ini dibuat oleh kelompok Jujur - Pendidikan Anti Korupsi, kelas 6AF, D3 Akuntansi PKN STAN 2014

Ridwan Firmansyah

About Ridwan Firmansyah -

Penggemar komputer dan internet. Mahasiswa Akuntansi semester akhir. Card flourish dan membaca buku adalah hobi saya.